Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penggunaan Antibiotik Di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta

Authors

  • Endah Nurrohwinta Djuwarno
  • Nur Rasdianah
  • Indriyani Universitas Negeri Gorontalo

Keywords:

Pengetahuan, penggunaan antibiotik

Abstract

Antibiotik merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Pengetahuan tentang penggunaan antibiotik sangat dibutuhkan oleh masyarakat karena penggunaan antibiotik yang tepat merupakan penentu keberhasilan dalam pengobatan. Penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkan pasien tidak membaik atau bahkan menjadi lebih sakit. Kesalahan dalam penggunaan antibiotik juga dapat memicu terjadinya resistensi antibiotik, yaitu antibiotik tidak mampu membunuh bakteri penyebab infeksi atau bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik. Penggunaan antibiotik hanya dapat dilakukan berdasarkan resep dari dokter dan sesuai arahan yang diberikan untuk menjamin efektifitasnya. Hal ini menunjukkan bahwa pengetahuan sangat dibutuhkan dalam penggunaan antibiotik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat pengetahuan masyarakat tentang penggunaan antibiotik di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu berupa kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan observasional. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi yang telah ditentukan dan dihitung menggunakan rumus dari Raosoft sample size calculator. Hasil penelitian terhadap 314 responden di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan masyarakat termasuk dalam kategori kurang baik yaitu 90,13%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Novard, M. F. A., Suharti, N., & Rasyid, R. (2019). Gambaran Bakteri Penyebab Infeksi Pada Anak Berdasarkan Jenis Spesimen dan Pola Resistensinya di Laboratorium RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2014-2016. Universitas Andalas: Padang.

Nabila, S. M., Irianti, I. S., Salsabila, S., Hamidah, A., Rahmawati, F., Faizin, M. K., Ninjar, M., Malikhah, I. L., Valentina, S. O., Zafirah, D. N., Beriana, M., Azhari, A. A., & Rahem, A. (2021). Pengaruh Pemberian Edukasi Terhadap Pengetahuan Keluarga Terkait Dagusibu Antibiotik Di Daerah Surabaya Dan Sidoarjo. Jurnal Farmasi Komunitas: Sidoarjo.

Zuhriyah, A., Februyani, N., & Jamilah, L. A. (2018). Tingkat Pengetahuan Penggunaan Antibiotik Jenis Amoxicillin Pada Masyarakat Desa Pilanggede Kecamatan Balen Kabupaten Bojonegoro. Hospitality 41: Bojonegoro

Arta, T., Indayany, W., & Afriani, D. (2022). Studi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Tentang Antibiotik Di Kelurahan Ardipura Kota Jayapura. Jayapura.

Permenkes RI, (2021). Nomor 28 Tahun 2021 tentang Pedoman Penggunaan Antibiotik. Permenkes RI.

Tulungen, F. R. (2019). Evaluasi Tingkat Pengetahuan Masyarakat Batulubang Kecamatan Lembeh Selatan Kota Bitung Tentang Penggunaan Antibiotik. The Tropical Journal of Biopharmaceutical: Bitung

Janna, N. M. (2021). Konsep Uji Validitas Dan Reliabilitas Dengan Menggunakan SPSS. Sekolah Tinggi Agama Islam: Makassar.

Wiharti, S. D., dan Nuruddin, V. P. (2018) Tingkat Pengetahuan Antibiotik di Desa Nglipar Lor RT 02/RW03, Nlipar, Gunungkidul. Akfarindo: Yogyakarta.

Nursari, E. M., Yanti, E. F., Dan S, Bram. (2022). Pengaruh Tingkat Pengetahuan Terhadap Penggunaan Antibiotik Di Dusun Kepel RW 009 Desa Lolejer Kecamatan Wuluhan Kabupaten Jember.Jurnal Farmasi dan Manajemen Kefarmasian (JFMK): Jawa Timur.

Meinitasari, E., Yuliastuti, F., dan Santoso, S. B. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan Terhadap Perilaku Penggunaan Antibiotik Masyarakat. Borobudur Pharmacy Review: Malang.

Khotimah, K., dan Desiani, E. (2023) Tingkat Pengetahuan Masyarakat tentang Penggunaan Antibiotik di Kelurahan Watesalit Batang. Jurnal Ilmiah Multidisplin: Pekalongan.

Septiana, R., Khusnu, K. (2020). Gambaran Penggunaan Antibiotik Tanpa Resep Di Apotek X Kabupaten Sragen. Jurnal Dunia Farmasi: Surakarta.

Bili, J. P., Hartayu, T. S., Riswanto, F. D. O. (2023). Pemanfaatan Pengolahan Big Data Secara Analisis Korespondensi Berganda Dalam Pemetaan Profil Penggunaan Antibiotik Pada Masyarakat Desa Beradolu, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Majalah Farmasetik: Nusa Tenggara Timur.

Cahyani, T., W, T., Hanin, A. R. P., dan Agustina, E. D. (2021). Tingkat Pengetahuan Masyarakat Terhadap Perilaku Penggunaan Antibiotik Pada Konsumen Apotek Kemojing Di Kecamatan Binangun Kabupaten Cilacap. Univercity Research Colloqium: STIKES Muhammadiyah Klaten.

Yuliana, E., (2017). Analisis Pengetahuan Siswa Tentang Makanan yang Sehat Dan Bergizi Terhadap Pemilihan Jajanan di Sekolah. Universitas Muhammadiyah Purwokerto: Purwokerto.

Downloads

Published

2024-02-05

How to Cite

Djuwarno, E. N., Rasdianah, N., & Indriyani. (2024). Gambaran Tingkat Pengetahuan Tentang Penggunaan Antibiotik Di Desa Mohungo, Kecamatan Tilamuta. Journal of Community and Clinical Pharmacy, 1(1), 23–28. Retrieved from https://ejurnaljlm.com/index.php/jccp/article/view/11