Isolasi, Karakterisasi Dan Uji Aktivitas Antioksidan Bakteri Endofit Dari Batang Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.)

Authors

  • Mahdalena Sy. Pakaya Universitas Negeri Gorontalo
  • Multiani S. Latif Universitas Negeri Gorontalo
  • Khofifa Nurul Magfira Maspeke Unibersits Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.70075/jpnp.v1i2.86

Keywords:

Hibiscus sabdariffa, Bakteri Endofit, Isolat Bakteri, Antioksidan

Abstract

Antioksidan adalah senyawa yang dapat menghambat reaksi oksidasi. Senyawa antioksidan diperlukan sebagai penangkal untuk menghentikan radikal bebas. Radikal bebas adalah sekelompok zat kimia yang sangat reaktif karena memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Antioksidan dapat dihasilkan dari bakteri endofit yang bersimbiosis pada tumbuhan yang juga memiliki aktivitas antioksidan karena adanya pertukaran genetis dan hubungan evolusi yang panjang. Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) diketahui mengandung senyawa bioaktif dengan kadar antosianin yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Batang Bunga Rossella (Hibiscus sabdariffa L.) terdapat bakteri endofit, mengkarakterisasi dan untuk mengetahui isolat bakteri endofit pada Batang Bunga Rossella (Hibiscus sabdariffa L.) mempunyai aktivitas antioksidan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental yang dilakukan di Laboratorium Mikrobiologi Farmasi dan Laboratorium Kimia Analisis dengan menggunakan teknik tanam langsung untuk isolasi mikroba, pengamatan morfologi secara makroskopis dan mikroskopis untuk karakterisasi, dan teknik DPPH (2,2 diphenyl-1-picrylhydrazyl) untuk pengujian antioksidan. Hasil isolasi didapatkan 1 isolat bakteri endofit, dikarakterisasi didapatkan bakteri tersebut adalah bakteri gram positif berbentuk coccus dan hasil uji kualitatif aktivitas antioksidan menunjukkan bahwa isolat tersebut tidak mengandung aktivitas antioksidan.

References

Desriani D et al. Isolasi dan Karakterisasi Bakteri Endofit dari Tanaman Binahong dan Katepeng China. J Kesehat Andalas. 2014;3(2):89–93.Agustina Styawan, Hana M, Kusuma W. Analisis Kandungan Asam Retinoat Pada Sediaan Krim Malam Yang Beredar Di Toko X Kota Klaten Dengan Spektrofotometri UV-VIS. MOTORIK Journal Kesehatan, Vol.15.No.1,2020, ISSN Print -1907-218X Online -2685-1210

Devitria, R. (2020). Uji Aktivitas Antioksidan Ekstrak Metanol Daun Ciplukan menggunakan Metode 2,2-Diphenyl 1-Picrylhydrazyl (DPPH). Jurnal Penelitian Farmasi Indonesia, 9(1), hal. 31–36. doi:10.51887/jpfi.v9i1.800.Badan POM RI, 2007. Public Warning/Peringatan Tentang Kosmetik. Mengandung Bahan Berbahaya dan Zat Warna yang Dilarang. BPOM: Jakarta.

Djamaan, A., A. Anthoni, dan D. Yuni. (2012). Isolasi bakteri endofit dari tumbuhan Surian yang berpotensi sebagai penghasil antibakteri. Jurnal Bahan Alam Indonesia, 8(1).

Kusnadi, K., & Devi, E. T. (2017). Isolasi dan Identifikasi Senyawa Flavonoid pada Ekstrak Daun Seledri (Apium graveolens L.) dengan Metode Refluks. PSEJ (Pancasakti Science Education Journal), 2(1), 56–67.

Komala, Oom. 2012. Uji Efektivitas Esktrak Etanol Daun Lidah Mertua (Sansevieria trifasciata Prain) Terhadap Khamir Candida albican. Universitas Pakuan: Bogor.

Mardiah, Lia Amalia & Agus Sulaeman. 2010. Ekstraksi Kulit Batang Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) Sebagai Pewarna Merah Alami. Jurnal Pertanian, Volume 1 Nomor 1

Qonitah, F., & Ahwan. (2018). Aktivitas Antioksidan Dan Kandungan Fenolik Total Dari Isolat Polar Fraksi Heksana Ekstrak Etanol Daun Sirih (Piper Betle L.). Jurnal Farmasetis, 7(2), 42–46.

Rahmawati, R., Muflihunna, A., dan Sarif, L. M. (2016). Analisis Altivitas Antioksidan Produk Sirup Buah mengkudu (Morinda citrifolia L.) Dengan Metode DPPH. Jurnal Fitofarmaka Indonesia, 2(2), 97–101.

Sianipar GWS, Sartini S, & Riyanto R, 2020. Isolasi dan Karakteristik Bakteri Endofit pada Akar Pepaya (Carica papaya L). Jurnal Ilmiah Biologi UMA (JIBIOMA), 2(2), 83–92.

Wulandari, A. (2017). Pengaruh Perbedaan Pelarut Terhadap Polarisasi Kromatografi Ekstrak Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza Roxb). Tegal: Politeknik Harapan Bersama.

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Pakaya, M. S., Latif, M. S., & Maspeke, K. N. M. (2024). Isolasi, Karakterisasi Dan Uji Aktivitas Antioksidan Bakteri Endofit Dari Batang Bunga Rosella (Hibiscus sabdariffa L.). Journal of Pharmacology and Natural Products, 1(2), 81–92. https://doi.org/10.70075/jpnp.v1i2.86

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.

Most read articles by the same author(s)